
Debat Konvergensi Antara Permainan dan Perjudian TalkSold
TalkSold – Industri permainan dan perjudian memiliki banyak kesamaan yang signifikan; bahkan, istilah-istilah ini sering dipertukarkan. Perbedaan utama antara keduanya terletak pada hasil yang dicapai: dalam permainan, hasil ditentukan oleh keterampilan, sedangkan dalam perjudian, hasilnya bergantung pada keberuntungan.
Saat ini, banyak aktivitas Konvergensipermainan yang menggabungkan elemen perjudian dan sebaliknya. Aktivitas ini sering disebut sebagai permainan yang mirip dengan perjudian dan perjudian yang mirip dengan permainan. Karena adanya tumpang tindih antara kedua aktivitas ini dan pertumbuhannya yang pesat dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti telah mengembangkan kerangka kerja untuk membedakan keduanya.
Contoh Konvergensi berupa permainan yang mirip dengan perjudian adalah video game yang memiliki mini-game yang dapat dipertaruhkan di kasino simulasi. Selain itu, banyak kesempatan untuk berpartisipasi dalam permainan kasino sosial melalui media sosial. Contoh lainnya adalah video game yang menawarkan loot boxes, di mana pemain dapat mengeluarkan uang untuk mengakses fitur permainan yang tidak diketahui. Namun, beberapa wilayah telah melarang loot boxes karena kesamaannya dengan perjudian.
Permainan gratis yang mirip dengan perjudian kini lebih umum dimainkan dibandingkan dengan perjudian online untuk uang. Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa muda dan dewasa yang terpapar jenis permainan ini mungkin lebih rentan mengembangkan masalah perjudian. Meskipun tidak ada bukti yang jelas mengapa hal ini terjadi, kemungkinan disebabkan oleh kesamaan yang semakin mendekati antara permainan dan perjudian. Dalam beberapa tahun terakhir, juga terjadi peningkatan jumlah orang yang bertaruh pada berbagai hasil dari video game di KONOHATOTO78.
Contoh perjudian yang mirip dengan permainan adalah mesin permainan elektronik (EGM) yang memiliki tema yang sama dengan acara permainan televisi yang populer. Contoh lain dari EGM adalah adanya elemen keterampilan, atau fitur yang membuatnya tampak seolah-olah keterampilan diperlukan. Para peneliti percaya bahwa fitur-fitur seperti ini membantu menarik minat peserta muda dan mendorong mereka untuk terus berjudi.
Perpaduan Konvergensi antara kedua aktivitas ini dapat membuat permainan dan perjudian lebih menarik bagi pemain dan meningkatkan tingkat partisipasi. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami implikasi sebenarnya dari fenomena ini.
Alasan Perjudian di sebut Permainan

Orang dari segala usia menikmati bermain game online, dan sensasi yang ditawarkan bisa sangat adiktif. Namun, apakah permainan online dan perjudian itu sama?
Industri perjudian sering menggunakan Konvergensi istilah “permainan” dan “perjudian” secara bergantian, yang membuat sulit untuk memahami perbedaannya.
Perjudian berkaitan dengan bertaruh atau mempertaruhkan uang di mana hasilnya tidak pasti. Ini sepenuhnya bergantung pada keberuntungan atau kombinasi antara keterampilan dan keberuntungan.
Contohnya:
- melempar dadu atau bermain roulette memiliki hasil yang sepenuhnya acak
- bertaruh pada balapan kuda mungkin melibatkan beberapa keterampilan, tetapi keberuntungan tetap menjadi faktor besar dalam hasilnya.
Permainan komputer sering memiliki elemen yang mirip dengan perjudian, seperti keterampilan dan keberuntungan, tetapi berbeda dengan perjudian, permainan ini tidak melibatkan uang.
Sebagian besar permainan video daring mencakup setidaknya beberapa elemen keberuntungan (mirip dengan perjudian), dan beberapa bentuk perjudian – seperti taruhan balapan dan poker – melibatkan elemen keterampilan dan penilaian.
Meskipun mesin slot disebut sebagai mesin permainan, bermain di dalamnya adalah perjudian: ini melibatkan uang, dan apakah Anda menang atau kalah sepenuhnya bergantung pada keberuntungan.
Video game dapat menjadi sangat mengasyikkan, namun penelitian menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara permainan video dan perjudian.
Banyak permainan video yang mengandung elemen perjudian, dan anak-anak yang berusia 10 tahun sudah mulai memainkan jenis permainan ini. Dalam survei yang kami lakukan terhadap kaum muda, kami menemukan bahwa 40% dari mereka memainkan video game yang memiliki komponen perjudian. Para pemain menghabiskan uang nyata untuk membeli mata uang virtual, skin, atau membuka kotak loot, agar dapat melanjutkan permainan dengan lebih baik. Seringkali, permainan ini menjadikan perjudian yang dimonetisasi sebagai hal yang biasa di kalangan anak muda, dan dapat menyebabkan dampak negatif terkait perjudian di masa depan.
Permainan judi yang disimulasikan dalam game online meniru pengalaman berjudi dengan fitur-fitur seperti suara dan aksi, namun tidak memberikan kesempatan untuk menang atau kalah uang sungguhan. Sebagai gantinya, pemain mengeluarkan uang nyata untuk membeli mata uang dalam aplikasi guna memperpanjang waktu bermain mereka. Game ini tersedia di berbagai platform, mulai dari konsol game, aplikasi ponsel, media sosial, hingga televisi pintar.
Konvergensi Antara Permainan dan Perjudian

Video game sering kali mengandung elemen perjudian, dan terdapat batasan Konvergensi yang tidak jelas antara permainan keterampilan dan permainan keberuntungan. Penting untuk memahami definisi perjudian, bagaimana batasan tersebut menjadi kabur, serta tanda-tanda adanya potensi masalah.
Program Kesadaran Perjudian Remaja YMCA (YGAP) mendefinisikan perjudian sebagai “mempertaruhkan sesuatu yang bernilai ketika Anda tidak tahu apakah Anda akan menang atau kalah.”
“Adalah mitos bahwa Anda hanya bisa berjudi dengan uang,” kata Dua Fatima, Pekerja Outreach Remaja untuk YMCA di Toronto Barat. “Misalnya, jika Anda bermain video game dengan skin, yang pada dasarnya adalah item dekoratif untuk karakter Anda, dan teman Anda berkata, ‘Jika saya menang di permainan berikutnya, saya akan mendapatkan skin langka Anda.’ Jika Anda setuju, Anda sedang mempertaruhkan sesuatu yang bernilai meskipun itu bukan uang.”
Salah satu contoh bagaimana batas Konvergensi antara permainan dan perjudian menjadi kabur adalah dengan adanya permainan freemium—permainan yang dapat diunduh dan dimainkan secara gratis tetapi memiliki opsi untuk membayar di dalam permainan untuk fitur tambahan seperti ‘kesempatan untuk maju lebih cepat’. Fitur-fitur ini umum dan populer dalam permainan seperti Candy Crush Saga, Subway Surfers, dan Roblox (sebuah platform permainan).
Batasan ini semakin kabur ketika permainan berbasis keterampilan menyertakan elemen perjudian. Misalnya, Plants vs. Zombies adalah permainan berbasis keterampilan yang populer dan mudah diunduh di smartphone, yang memiliki mesin slot di mana pemain dapat mempertaruhkan mata uang dalam permainan untuk kesempatan memenangkan hal-hal seperti mata uang tambahan atau fitur tambahan seperti biji untuk menumbuhkan tanaman bersenjata. “Permainan berbasis keterampilan dan perjudian berbasis peluang, jadi jika sebuah permainan menawarkan keduanya, itu membingungkan bagi otak,” kata Fatima.
Saat ini, hampir setiap permainan menawarkan paket kartu virtual acak, kotak misteri, atau loot crate. “Apa pun sebutannya, konsepnya tetap sama: Anda mengeluarkan uang nyata atau uang dalam permainan untuk membeli, tetapi Anda tidak tahu apa yang akan Anda dapatkan di dalamnya,” jelas Fatima. “Apakah ini termasuk perjudian? Jika Anda mempertaruhkan uang nyata atau uang dalam permainan tanpa mengetahui hasilnya, maka ya, itu memenuhi definisi perjudian.”
Namun, batasan Konvergensi ini sering kali tidak jelas. Membeli skin—unduhan grafis atau audio yang mengubah penampilan karakter dalam permainan Anda—tidak dianggap perjudian jika Anda tahu persis apa yang Anda beli. Namun, situasinya bisa berubah menjadi perjudian jika Anda mengeluarkan uang untuk kotak misteri dengan harapan mendapatkan skin yang langka (dan berharga). Skin langka memiliki nilai moneter yang bervariasi secara online dan dapat dijual di situs lain untuk mata uang dalam permainan. Mereka juga bisa dijual untuk uang nyata. “Jika Anda menjual skin di Skins Cash dan Skinwallet, dan Anda juga menggunakannya untuk bertaruh—banyak skin dijual dengan harga tinggi—maka itu adalah perjudian,” tambah Fatima.
Meskipun remaja terlibat dalam taruhan atau perjudian di dalam video game, hal ini tidak selalu berarti bahwa mereka mengalami masalah atau akan mengarah ke masalah tersebut. Permainan juga memiliki sisi positif, seperti memberikan kesempatan untuk bersosialisasi. Sebagian besar remaja tidak akan mengembangkan masalah, tetapi mereka memiliki risiko hingga empat kali lipat lebih tinggi dibandingkan orang dewasa.
Bagi orang tua, penting untuk mencari tanda-tanda peringatan. “Perilaku mereka mungkin terlihat sangat berbeda dari orang lain yang juga memiliki masalah—tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua,” kata Sally Herod, Pekerja Outreach Remaja di YMCA Niagara Employment & Immigrant Services.
Salah satu tanda peringatan yang mungkin muncul adalah upaya terus-menerus untuk melakukan taruhan secara online atau offline. Tanda peringatan lainnya adalah perubahan yang mencolok dalam dedikasi mereka terhadap sekolah, hubungan, dan/atau kegiatan ekstrakurikuler.
Jika mereka mempertaruhkan barang-barang yang penting bagi mereka, seperti kartu Pokémon langka, atau barang-barang yang seharusnya tidak hilang, seperti uang jajan mereka, itu bisa menunjukkan perilaku yang bermasalah. “Berapa banyak uang yang mereka habiskan untuk membuka loot crate dengan kemungkinan mendapatkan skin langka? Apa peluang untuk benar-benar mendapatkannya—dan bagaimana ketidakberhasilan dalam hal ini memengaruhi kesehatan mental mereka?” kata Herod.
Ada banyak sumber daya gratis yang bisa diakses oleh orang tua untuk membantu mereka mengenali tanda-tanda peringatan ini. Salah satunya adalah On-Line Gamers Anonymous, yang menyediakan berbagai alat dan sumber daya untuk keluarga dan orang-orang terkasih. Game Quitters juga menawarkan banyak sumber daya yang dirancang khusus untuk orang tua.
YMCA telah menyusun lokakarya untuk orang tua tentang Konvergensi perjudian dan permainan, serta tanda-tanda peringatan yang perlu diperhatikan. Mereka juga memberikan strategi untuk membantu, seperti penganggaran dan menetapkan batas waktu layar. Selain itu, YMCA dapat menghubungkan orang tua dengan berbagai sumber daya gratis, kelompok dukungan, dan perawatan, baik secara virtual maupun langsung. Untuk informasi lebih lanjut dan/atau untuk mendaftar lokakarya kesadaran perjudian/permainan, kunjungi situs web YGAP atau hubungi Pekerja Outreach Pemuda YGAP di daerah Anda.